+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Merawat Bunga Mawar Pemberian Pacar Agar Tidak Layu Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Merawat Bunga Mawar Pemberian Pacar Agar Tidak Layu

Banyak sekali cara untuk mengungkapkan rasa cinta pada seseorang yang kita sayangi. Dapat melalui ucapan romantis, mengajak untuk hang-out keluar, memasak makanan kesukaannya, atau yang paling umum adalah dengan memberikan sekuntum bunga khususnya bunga mawar.

Pemberian mawar ke seseorang melambangan suatu cinta kasih kepada orang tersebut, tidak heran banyak sekali dari kita yang menggunakan cara ini untuk menyatakan perasaan kita. Karena pemberian itu istimewa bagi orang-orang yang menerimanya, beberapa dari kita bahkan ingin agar kenang-kenangan tersebut tetap awet. Umumnya bunga akan layu tanpa air setelah 2-4 jam setelah dipotong, dan tetap hidup maksimal 4 hari jika dimasukkan kedalam buket yang berisi air.

Berikut ini cara merawat bunga mawar pemberian pacar bisa lebih awet.

  1. Ketika anda menerima bunga sebagai hadiah dari pacar, segera taruh tangkainya agak miring ( sekitaran sudut 45 derajat ) dan potong 1 atau 2 cm dari batang paling bawah menggunakan pisau yang tajam.
  2. Beri bunga yang telah anda potong sebotol air bersih, lalu isi  air kedalam vas bersih, dan taruh bunga yang telah anda potong tadi, tambahkan pengawet bunga jika ada.
  3. Jika ada bagian bunga yang mulai menjadi kusam atau layu, potong tangkainya sekitar 5 cm dari bawah.
  4. Bungkus bunga di atas kertas dan letakkan di tempat yang sejuk untuk memulihkan kesegaran bunga selama tiga jam.
  5. Segera petik daun yang telah kusam atau mulai layu untuk meminimalisir kecepatan layu bunga.
  6. Setelah 3-4 hari, jika bunga anda mulai kusam, potong bunga dengan pisau tajam dengan sudut kemiringan santara 25 hingga 45 derajat. Jangan gunakan pemotong atau gunting yang tidak tajam karena penggunaan alat tersebut dapat merusak batangnya.
  7. Ganti air dalam vas yang berisi bunga setiap hari.
  8. Jangan pernah mencampur bunga yang baru / masih segar dengan bunga yang sudah tua / mulai layu, karena bunga segar akan diracuni oleh air dan bakteri yang berasal dari bunga yang lebih tua. Jadi usahakan dalam satu vas kesegaran bunganya sama.

Cara diatas adalah cara apabila anda ingin bunga yang anda dapatkan tetap segar. Akan tetapi cara diatas tidak dapat berlangsung dengan lama. Satu-satunya cara agar bunga pemberian anda tidak layu dalam jangka waktu yang lama adalah dengan cara menambahkan pengawet / melakukan pengawetan pada bunga. Anda bisa juga belajar tentang Cara Merawat Bunga Hand Bouquet

Tentu cara ini membuat anda mengeluarkan biaya tambahan, akan tetapi bagi beberapa orang tentu hal ini tidak menjadi masalah. Berikut ini cara mengawetkan bunga yang anda terima dari pacar anda.

1. Menambahkan Cairan Gliserin

Cairan gliserin saat ini mudah dibeli entah itu melalui online shop ataupun di toko penjual bahan-bahan kimia.  Dengan menggunakan gliserin, bunga Anda tidak akan mengering. Penggunaan gliserin menjaga bentuk bunga seperti saat masih hidup.

Hal ini teerjadi karena gliserin menggantikan air pada tubuh bunga, sehingga bunga tidak akan pernah mengering. Batang, daun, dan kelopak yang mekar akan tetap terlihat segar dan tidak akan berkerut. Jika anda pegang bunga yang telah ditambahkan cairan gliserin anda akan merasakan kelopak bunga menjadi lebih kenyal dan lentur.

Kekurangan dari penggunakan gliserin adalah gliserin hanya dapat menjaga tekstur dari daun dan bunga karena menggantikan air pada bunga tersebut akan tetapi warna akan memudar seiring berjalannya waktu. Solusinya bagi beberapa orang yang menggunakan gliserin untuk merawat bunga, mereka sering menambahkan pewarna makanan atau pewarna lainnya sehingga bunga terlihat lebih hidup. Anda bisa juga belajar tentang Cara Membuat Taman Bunga di Kelas Sekolah

2. Menambahkan Gel Silika

Gel silika bentuknya padat seperti kaca akan tetapi memiliki pori-pori dan dibuat secara sintetis menggunakan natrium silikat. Walaupun pengawetan bunga dengan gel silika bukanlah metode paling murah, akan tetapi metode ini sering digunakan bagi pembuat hiasan rumah. Cara kerja metode ini seperti pasir, butiran-butiran gel silika memiliki fungsi untuk mengekstrak semua kelembaban dari bunga. Anda bisa juga belajar tentang Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Beberapa merek gel silika memiliki kandungan kristal biru yang berubah warna berdasarkan berapa banyak kelembaban yang telah diserap. Kristal biru ini berubah menjadi merah muda pada saat menyerap kelembaban dari bunga, jadi anda akan tahu kapan gel sudah mengekstrak semua moisture dari bunga. Apabila anda memilih metode ini untuk mengawetkan bunga anda, anda harus memasukkan gel-gel ini ke dalam wadah yang kedap udara.

3. Air Drying

Pengeringan bunga menggunakan udara mungkin adalah cara termudah dan paling umum ( di luar negri ) untuk mengawetkan bunga. Cara-cara mengawetkan bunga menggunakan metode ini adalah sebagai berikut :

  1. Petik daun dari tangkai bunga karena dengan memetik daun dari tangkai bunga membuat bunga anda mengering lebih cepat.
  2. Ikat bunga-bunga ( jika lebih dari satu ) menjadi bundel kecil yang berisi tiga atau empat bunga menggunakan karet gelang.
  3. Gantung bunga yang sudah disatuan secara terbalik di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
  4. Jauhkan ikatan bunga ini dari sinar matahari dan biarkan jika bunganya memiliki kelopak yang tebal dan lembab.
  5. Pengeringan menggunakan metode ini bisa memakan waktu seminggu hingga beberapa bulan tergantung pada bunga yang anda keringkan.
  6. Setelah kering anda harus berhati-hati pada saat mengambilnya karena bunga yang dikeringkan dengan metode ini akan lebih rapuh. Anda bisa juga belajar tentang Cara Menanam Bunga Mawar Secara Hidroponik

4. Metode Pressing

Anda mungkin pernah melihat bunga atau tanaman yang dipress sebelumnya. Tentu saja, saat anda menekan bunga, bunga akan menjadi datar. Metode yang bagus untuk bunga yang memang sudah agak datar / tidak sengaja tertekan sehingga menjadi gepeng.

Cara menekan bunga dapat menggunakan koran atau buku yang tebal, jika anda ingin melakukan metode ini dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :

  1. Taruh bunga pada selembar kertas atau di dalam buku, pastikan bahwa bunga anda tidak saling tumpang tindih.
  2. Taruh selembar kertas lain di atas bunga, jika menggunakan buku tutup buku tersebut.
  3. Letakkan papan atau apapun yang datar diatas bunga tersebut.
  4. Di atas papan taruh pemberat seperti sepatu, batu besar, atau apapun itu yang penting memiliki berat yang lumayan untuk menekan bunga. Anda bisa juga belajar tentang Cara Budidaya Bunga Mawar dalam Pot
  5. Biarkan berat memberikan tekanan pada bunga selama dua sampai empat minggu, tergantung pada tingkat kelembapan dan jenis bunga.
  6. Setelah beberapa minggu, ambil bunga anda.
  7. Bunga yang telah anda press siap untuk ditampilkan.

Diatas merupakan cara merawat bunga mawar pemberian pacar tetap awet dan memberikan kenangan bagi anda.

Artikel Cara Merawat Bunga Mawar Pemberian Pacar Agar Tidak Layu merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook