+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Merawat Bunga Mawar Potong yang Sudah Layu Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Merawat Bunga Mawar Potong yang Sudah Layu

Memiliki buket bunga mawar yang indah dan selalu segar adalah hal yang sangat menyenangkan, terlebih jika buket mawar tersebut pemberian dari orang terkasih. Namun sayangnya bunga mawar potong tidak dapat bertahan lama kesegarannya, nyatanya pula tidak semua orang mengerti cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu agar menjadi segar kembali serta tetap indah untuk dijadikan pajangan.

Alhasil, setelah layu, bunga mawar potong tersebut sering kali berakhir di tempat pembuangan. Sangat disayangkan memang, mengingat harga mawar potong jauh lebih mahal dibanding dengan bunga mawar yang ditanam.

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan merendam bunga mawar potong di dalam vas berisi air akan membuat bunga tersebut dapat bertahan lama, akan tetapi perlakuan tersebut tidaklah cukup, terlebih jika buket mawar Anda sudah terlanjur layu. Lalu adakah cara lain untuk “menghidupakan” mawar potong tersebut? Tentu saja ada beberapa trik yang bisa Anda pakai agar kecantikan bunga mawar potong bisa bertahan lebih lama lagi.

Baca pula: cara menanam mawar potong

Cara Merawat Bunga Mawar Potong yang Sudah Layu

Dengan perlakuan yang benar, ternyata bunga mawar potong mampu bertahan hingga setengah bulan lamanya.

Fakta menarik mengenai bunga adalah kecenderungan mereka untuk tidak benar-benar mati namun tidak benar-benar hidup juga.

Jadi jika menjumpai bunga potong Anda telah layu, lakukan tips berikut ini untuk membangunkannya dari mati suri.

Baca pula: cara membuat vertical garden dari botol bekas

1. Memotong Ulang Batangnya

Khasus layunya bunga kebanyakan terjadi karena kurang pasokan air yang diterima oleh sang bunga. Seringkali bunga yang telah lama dipotong menjadi kering pada bagian ujung batangnya, akibatnya batang bunga teersebat tidak mampu lagi menyerap air dengan maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memotong kembali unjung bunga tersebut, usahakan proses pemotongan batang dilakukan secara diagonal agar permukaan batang yang berfungsi menyerap air lebih lebar. Anda dapat pula membelah batang tersebut menjadi dua bagian sepanjang 2 cm.

Baca pula: cara menanam mawar hitam dari biji

2. Memperhatikan Setiap Bagian Bunga

Jika melihat bunga mawar potong Anda mulai layu, maka coba periksalah bagian bunga tersebut. Potonglah duri, batang, daun, atau bahkan kelopak yang sudah mulai mati, lalu kembalikan mawar tersebut ke dalam vas berisi air.

3. Mengisi Air Vas dengan yang Lebih Hangat

Selain dengan memotong permukaan batang, cara mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti air vas menggunakan air yang lebih hangat atau yang suam-suam kuku. Air hangat dikenal lebih cepat diserap oleh bunga dibanding dengan air biasa.

Dengan demikian, batang bunga akan lebih cepat terbuka, dan kelembapan bunga akan kembali seperti semula. Namun tidak semua bunga dapat menerima air hangat, jenis bunga seperti tulip tidak dianjurkan untuk mendapat perlakuan ini.

Baca pula: cara menanam bunga mawar secara hidroponik

4. Memberikan Life Juice pada Air

Ini adalah trik dari florist yang dapat kita tiru. Anda dapat membeli makanan bunga dalam bentuk sachet di toko bunga untuk dicampurkan ke dalamair di  vas atau tempat penyimpanan bunga lainnya. Bubuk ini sangat efektif bukan saja untuk menjaga kesegaran bunga, namun mampu pula untuk menghidupkan kembali bunga yang telah layu.

Jika di toko bunga kesangan Anda tidak menyediakan makanan bunga sejenis ini, tidak perlu berkecil hati, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur, berikut rangkain cara membuatnya.

Persiapan alat dan bahan:

  • Gunting atau pisau tajam
  • Gula pasir
  • Air
  • Cara pembuatan:

  • Larutkan dalam air satu sendok gula pasir, aduk hingga rata serta gula terlarut dengan sempurna
  • Gunting atau potong ujung batang bunga mawar dengan posisi miring
  • Tuangkan air ke dalam vas atau tempat penyimpanan bunga yang telah Anda persiapkan, lalu letakkan bunga potong tersebut di dalamnya.
  • Larutan gula dapat membantu merangsang bunga mawar untuk kembali segar setelah layu beberapa saat.

    Selain larutan gula, beberapa bahan berikut juga memiliki khasiat sama untuk mempertahankan kesegaran bunga mawar potong.

  • Cuka
  • Pemutih
  • Perasan lemon
  • Koin yang diletakkan pada dasar vas
  • Ketiga bahan tersebut dipercaya mampu membunuh bakteri yang mengakibatkan pembusukan pada bunga mawar potong, namun tentu saja kita tidak perlu mencampurkan semua bahan menjadi satu, karena justeru akan mengakibatkan reaksi kimia yang berdampak buruk bagi bunga potong.

    Baca pula: cara kawin silang bunga mawar dengan mudah

    5. Sabar Menunggu 

    Bunga mawar tentu akan membutuhkan waktu untuk kembali segar seperti sedia kala. Oleh sebab itulah Anda perlu sabar menunggu beberapa waktu hingga jam untuk melihat perubahan pada bunga mawar potong yang telah layu tersebut. Ulangi langkah-langkah serta trik di atas sesuai kebutuhan, serta rajin-rajinlah mengganti air dalam vas.

    6. Memindahkan ke Tempat yang Lebih Sejuk

    Karena sangat bergantung dengan air yang ada pada tempat penyimpanan, maka sebaiknya Anda meletakkan bunga mawar potong di tempat yang lebih sejuk atau terhindar dari sengatan sinar matahari secara langsung.

    Anda tidak perlu meletakkan bunga mawar potong tersebut ke dalam kulkas untuk mengembalikan kelembapannya, perubahan suhu yang esktrim di luar justru akan membuat bunga mawar teersebut lebih cepat layu. Itulah cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu!

    Dengan beberapa tips dan trik mudah di atas, Anda tidak perlu terburu-buru membuang bunga mawar potong yang telah layu. Perlakuan yang baik dan benar pada bunga mawar potong akan membuatnya bersemi kembali, sehinnga Anda pun dapat menyimpan kenang-kenangan dari orang terkasih lebih lama lagi, selamat mencoba. Kunjungi pula artikel mengenai tips agar buket tetap segar dan merekah untuk melengkapi pengetahuan Anda seputar perawatan buket bunga.

    Artikel Cara Merawat Bunga Mawar Potong yang Sudah Layu merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook