+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Jenis Tanaman Rambat yang Cocok sebagai Penghias Kanopi Rumah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Jenis Tanaman Rambat yang Cocok sebagai Penghias Kanopi Rumah

kanopiBeberapa rumah memiliki kanopi untuk melindungi penghuni dari sengat matahari. Akan tetapi desain kanopi yang itu-itu saja terlihat membosankan bukan? Bagi beberapa orang yang kreatif dan gemar berkebun mereka berinisiatif untuk menjadikan kanopinya sebagai media tanam tanaman hias.

Banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat menghiasi kanopi rumah anda. Salah satunya adalah jenis tanaman merambat, pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tanaman rambat tidak merusak dinding anda sehingga anda tidak perlu khawatir tanaman ini akan merusak kanopi anda.

Tanaman ini akan tumbuh sesuai bentuk media yang ia lalui sehingga memberikan kesan segar dan asri bagi kanopi anda. Ingin kanopi anda tidak terlihat membosankan? Berikut ini beberapa jenis tanaman rambat yang cocok sebagai penghias kanopi rumah anda.

1. Melati Belanda

Pada artikel sebelumnya anda telah mengetahui bagaimana cara menanam bunga melati belanda. Karena sifatnya yang merambat bunga ini sering digunakan sebagai tanaman hias pada kanopi dan arches. Tanaman ini memiliki nama lain seperti Chinese honeysuckle dan nama latin Quisqualis indica. Selain memberikan wangi khas dan segar, kontras warna bunga dan daun menjadi daya tarik kanopi anda.

Kuncup bunga melati belanda memiliki warna hijau yang segar, dan pada saat mekar keluarlah bunga yang berwarna merah. Setelah mekar beberapa lama warnanya akan memudar berwarna pink lalu memudar kembali hingga warna putih.

Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang lumayan banyak sehingga sangat ideal untuk menanam tanaman ini di daerah yang selalu terkena terik matahari. Apalagi menanam tanaman ini pada kanopi selain memperindah kanopi anda , memberikan cahaya yang ideal bagi pertumbuhannya.

3. Wisteria

kanopi wisteria

Tanaman Wisteria sangat cocok untuk memberikan kontras pada kanopi anda. Warna yang mencolok dan menggantung memberikan kesan anda sedang berada di dunia fantasi.

Sebenarnya Bunga Wisteria awalnya tidak dapat ditemui di Indonesia bagian manapun. Karena habitat bunga ini pada mulanya hanya dapat ditemui di daerah Tiongkok, Korea, Jepang dan Amerika Serikat. Jenis tanaman ini masih tergolong dalam genus tanaman berbunga keluarga kacang polong atau dalam bahasa latinnya Fabaceae.

Saat ini tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia karena banyak penggemar bunga-bungaan tertarik untuk menanam tanaman ini. Jika anda tertarik untuk menanam tanaman ini, anda dapat membaca bagaimana cara menanam tanaman wisteria pada artikel sebelumnya.

Ada dua jenis wisteria yang paling umum ditanam yaitu wisteria Tiongkok (Wisteria sinensis) dan wisteria Jepang (Wisteria floribunda). Wisteria Tiongkok biasanya adalah favorit karena memiliki gugus bunga 9-20 sentimeter dan bunganya terbuka menjadikan tanaman ini memberikan kesan yang sangat indah di mata anda. Tanaman ini sangat kuat dan agresif sehingga dapat tumbuh hingga 100 kaki. Wisteria jenis Tiongkok biasanya berbunga hingga tiga sampai empat tahun setelah penanaman.

4. English Ivy

kanopi english ivyTanaman English Ivy merupakan tanaman rambat yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias karena tanaman ini sangat cepat untuk tumbuh.

Akan tetapi beberapa orang tidak mengetahui bahwaw tanaman ini memiliki fungsi membersihkan udara dan menyerap polusi sehingga tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan di luar rumah.

Jika anda tertarik untuk menanam tanaman english ivy, ada beberapa hal yang wajib untuk anda perhatikan agar tanaman english ivy anda tumbuh dengan subur.

Tidak sulit untuk menanam dan memelihara tanaman english ivy ini sebagai tanaman penghias kanopi anda sepanjang anda merawatnya dengan baik, dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesuburannya. 

5. Morning Glory

kanopi morning gloryTanaman jenis Morning Glory merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik pada berbagai iklim karena memiliki persyaratan tumbuh yang mudah. Tanaman ini banyak dijumpai pada habitat yang memiliki iklim tropis, subtropis, panas, dan dingin.

Di beberapa negara di benua Eropa jenis tanaman ini justru lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias pada vertical garden. Akan tetapi masih memungkinkan bagi anda untuk menanam tanaman ini sebagai tanaman hias kanopi.

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, tanaman rambat jenis ini aman bagi dinding anda sehingga anda tidak perlu khawatir tanaman ini akan merusak kanopi anda dalam jangka waktu yang panjang. Selain iu menanam tanaman ini memberikan kesan segar bagi rumah anda, jadi tanaman ini sangat cocok bagi kanopi anda.

Bunga dari morning glory memiliki bentuk seperti corong dengan berbagai corak seperti merah, putih, biru, ungu dan kuning dengan daun berbentuk seperti hati. Bunga dari Morning Glory biasasnya mekar antara bulan Mei hingga September, dengan proses pemekaran di pagi hari dan penutupan kuncup bunga pada sore hari. Sebagian besar jenis tanaman ini memiliki siklus mekar tahunan.

6. Tanaman Buah Anggur

kanopi anggurSalah satu jenis tanaman rambat yang menghasilkan buah adalah tanaman buah anggur. Karena tumbuh dengan cara merambat berbentuk semak maka tanaman anggur ideal sebagai penghias kanopi rumah anda.

Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati, pepatah tersebut sangat cocok bagi anda yang menanam buah anggur pada kanopi anda. Selain memberikan kesan segar pada kanopi anda, anda juga dapat menikmati buah anggur yang tumbuh. Buah anggur selain sangat populer dikonsumsi secara langsung di Indonesia, buah anggur juga dapat diolah kembali menjadi beberapa produk seperti jelly, wine, ataupun jus buah.

Setelah membaca artikel diatas apakah anda masih ragu untuk menghias kanopi rumah anda dengan menanam tanaman rambat? Itulah jenis tanaman rambat yang cocok sebagai penghias kanopi rumah. Banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk menanam tanaman rambat pada kanopi rumah anda. Selain menjadi suplai udara segar, rumah anda akan terlihat asri dan memberikan impression yang baik terhadap tamu dan keluarga anda.

Artikel Jenis Tanaman Rambat yang Cocok sebagai Penghias Kanopi Rumah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook