+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Kenapa Bunga Kembang Sepatu Tidak Berbuah dan Cara Merawatnya Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Kenapa Bunga Kembang Sepatu Tidak Berbuah dan Cara Merawatnya

Hampir semua orang tahu dan juga melihat langsung ataupun tidak langsung bunga Kembang Sepatu ini. Tetapi tahukah kalian nama Kembang Sepatu diambil dari fungsi bunga ini yaitu untuk menyemir sepatu. Sepatu yang disemir memakai bunga inipun hasilnya luar biasa.

Bunga Kembang Sepatu adalah bunga yang memiliki banyak varian warna. Namun bunga Kembang Sepatu atau Hibicus Rosa Siniesis L. Dan memiliki bunga yang lengkap dan juga sempurna bunga ini memiliki alat kelamin bunga dan juga perhiasan bunga seperti cara merawat bunga jenggot musa.

Alasan Mengapa Bunga Kembang Sepatu Tidak Berbuah

Berbatang bulat keras berdiameter sekitar 9 cm, memiliki daun tunggal yang berujung runcing dengan pangkal yang tumpul dengan panjang mencapai 16 cm beserta lebar sekitar 11 cm dan berwarna hija. Berbunga tinggi yang bentuknya menyerupai terompet dengan kelopak bunga menyerupai lonceng warna hijau kekuningan. Berikut beberapa penjabaran dan alasan mengapa bunga kembang sepatu tidak berbuah:

1. Bunga Kembang Sepatu memiliki kepala putik yang tinggi dan kepala sari yang rendah

Dalam proses pembuahan pada tumbuhan secara alami tentu saja sangat membutuhkan proses penyerbukan. Namun halini tidak dapat terjadi pada bunga Kembang sepatu karena bunga Kembang Sepatu memiliki kepala putik yang tinggi dan kepala sari yang renda sehingga serbuk sari tidak dapat sampai ke kepala sari atau tidak terjadi penyerbukan. Hal ini menyebabkan bunga Kembang Sepatu termasuk bunga yang tidak menghasilkan buah dan biji seperti cara merawat bunga agar subur.

2. Bunga kembang sepatu tidak dapat menghasilkan sel kelamin jantan

Benang sari terdiri dari antena dan filamen. Filamen merupakan rambut yang melekat anter dengan bunga , antena alat untuk memproduksi dan juga mengandung serbuk sari. Serbuk sari merupakan gamet jantan ataupun yang biasanya disebut dengan sperma. Bunga pada umumnya akan memerlukan sel kelamin jantan untuk menghasilkan buah. Sedangkan bunga Kembang Sepatu ini tidak dapat menghasilkan sel kelamin jantan.

3. Tidak terjadi pembuahan

Bunga Kembang Sepatu tidak melakukan proses pembuahan karena sel kelamin jantan tidak sampai di bakal buah. Sel kelamin jantan tidak sampai karena bunga Kembang Sepatu tidak dapat menghasilkan sel kelamin jantan. Meskipun demikianbunga Kembang Sepatu masihdiminati para pecinta bunga karena keindahan bunga ini danjuga khasiat yang dimiliki bunga ini.

Manfaat Bunga Kembang Sepatu

1. Bunga Kembang Sepatu dapat menurunkan kolesterol

Jika anda memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol yang mempunyai resiko yang besar jika anda tidak mengobatinya. Nah bunga Kembang Sepatu ini dapat menyembuhkan kolesterol, anda hanya perlu meminum ekstrak bunga kembang sepatu dan hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh sekitar 20%.

Karena bunga Kembang Sepatu mengandung zat sappoins yang berfungsi untuk mengikat kolesterol sehingga dapat mencegah kolesterol ikut terserap ke dalam tubuh anda.

2. Bunga Kembang Sepatu dapat menyehatkan rambut

Zat yang terkandung dalam perasan daun bunga Kembang Sepatu ini dapat memberi nutrisi pada rambut sehingga rambut tumbuh lebih lebat, sehat, dan juga kuat. Perasan daun bunga Kembang Sepatu juga dapat mencegah masalah kerontokan ataupun kebotakan pada rambut anda seperti cara merawat bunga arum dalu.

3. Bunga Kembang Sepatu dapat menyembuhkan ganguan pada pernafasan

Kandungan vitamin C pada bunga Kembang Sepatu dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti batuk, flu, bronkhitis, dan masih banyak lagi. Jika anda ingin mengonsumsi bunga Kembang Sepatu anda dapat meracik teh buatan sendiri hanya dengan merebus bagian kelopak dan daun dari bunga kembang sepatu ini lalu seduhkan. Namun jika anda tidak ingin meracik teh sendiri anda dapat membeli teh siap pakai.

4. Bunga Kembang Sepatu dapat menyembuhkan luka

Zat yang terkandung dalam bunga Kembang Sepatu dapat membantu penyembuhan luka. Anda hanya perlu meminum teh bunga kembang sepatu secara rutin dan hal ini dapat membantu penyembuhan luka agar cepat mengering dan memebentuk jaringan kulit baru karena bunga Kembang Sepatu memiliki zat antiseptik seperti manfaat ambektin sebagai pestisida. 

5. Bunga Kembang Sepatu dapat menyembuhkan kadar gulayang tinggi

Jika anda memiliki kadar gulayang tinggi anda cukup mengonsumsi teh bunga Kembang Sepatu agar kadar gula anda kembali normal karena bunga Kembang Sepatu memiliki zat antidiabethic seperti manfaat bercocok tanam. Beberapa Fakta dan manfaat lain adalah:

  • Bunga Kembang Sepatu juga memiliki daun yang mengandung antiseptik sehingga banyak digunakan sebagai obat. Bunga ini memiliki banyak kelebihan selain bunganya yang indah dipandang mata, merupakan bunga yang lengkap dan sempurna bunga ini juga memiliki antiseptik didalam daunnya, hal ini membuat bunga kembang sepatu memiliki peminat yang banyak.
  • Tidak sedikit yang ingin dan telah menanam bunga ini disekitar halaman rumahnya. Bunga Kembang Sepatu merupakan bunga yang istimewakan di Malaysia yang dikenal dengan bunga Raya sampai-sampai bunga Kembang Sepatu dinobatkan sebagai bunga nasional malaysia pada tangal 28 juli 1960, karena kecantikan bunga Kembang Sepatu yang mempesona ini.
  • Ekstrak bunga Kembang Sepatu juga sangat bermanfaat untuk kulit wajah karena bunga Kembang Sepatu memiliki kandungan AHA dan vitamin C yang berfungsi untuk memudakan kulit wajah yang sudah tua (penuh kerutan). Bunga Kembang Sepatu merupakan bunga perdu yang memiliki ketinggian mencapai 3 meter.
  • Selain itu bunga Kembang Sepatu ini mengandung kimia daun bunga Kembang sepatu mengandung saponin, dan polifenol akarnya mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, juga cleomiscosin C daun, bunga, dan akar bunga Kembang Sepatu ini mengandung flavonoida. Namun bunga Kembang Sepatu ini tidak memiliki buah maupun biji. Mengapa demikian simak beberapa alasan bunga Kembang Sepatu tidak berbuah.

    Artikel Kenapa Bunga Kembang Sepatu Tidak Berbuah dan Cara Merawatnya merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook