+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Kelompok Wanita Tani (KWT) adalah kumpulan petani wanita yang terlibat langsung upaya untuk meningkatkan hasil pertanian.Peran ganda wanita tani ini sangat strategis dalam peningkatan produktivitas usaha tani dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan ketahanan pangan menuju kesejahteraan rumah tangga petani di pedesaan, KWT yang berdomisili di Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat tepatnya berdomisili di Dusun Karangcingkrang ini diberi nama MEKARWANGI. Kelompok tersebut dibentuk pada tahun 2012 yang di Ketuai Oleh Ibu Iin Darsini dengan anggotanya berjumlah 30 Orang

Berkat kegigihan para ibu – ibu tangguh ini dengan didampingi oleh penyuluh pertanian, Alhamdulillah KWT ini lolos di tingkat Kabupaten Ciamis mengalahkan KWT yang ada di perkotaan yang dari segi pasilitas dan ilmunya jauh lebih maju sehingga mewakili KWT kabupaten untuk melaju ke tingkat provinsi. Meskipun keberadaannya di peloksok desa ibu – ibu tangguh ini tidak mengenal lelah dan tida merasa kecil hati,bekerja keras setiap bulanya sudah menghasilkan Produk yang dipasarkan di lingkungan dan keluar desa. Dan satu hal lagi KWT ini menonjolkan sistem pemupukan dengan pupuk organik. Kelompok ini masih tergolong sangat muda dan masih dalam tahap belajar yang terbilang masih sangat minim dengan pengalaman tetapi mereka bertekad untuk terus berusaha agar menjadi KWT yang berdikari dan berpotensi.

Pada hari Jumat, 31/08/2018 KWT ini dikunjungi oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Barat  dengan tujuan melakukan penilaian sekaligus pemberian motivasi kepada kader KWT. Dengan bangga mereka mengatakan “walau ditempat peloksok seperti inipun yang jauh dari keramaian kota bahkan infrastruktur pun jauh dari kata bagus tapi ada KWT yang bisa bersaing melaju ketingkat provinsi”. Dengan besar harapan KWT Mekarwangi dapat hasil nilai tidak mengecewakan sehingga dapat dikenal lagi ditingkat nasional, ujar Ibu Iin Darsini sebagai ketua KWT Mekarwangi.

Komentar Facebook