+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Pupuk NPK Mutiara – Banyaknya jenis pupuk yang hadir di pasaran seakan mampu melengkapi kebutuhan para petani. Berbagai macam manfaat yang di hadirkan oleh setiap pupuk ini memang mampu menarik minat para petani untuk membelinya.

Dulunya banyak petani yang masih memanfaatkan pupuk organik untuk tanaman mereka. Selain bisa menghemat biaya pengeluaran ternyata pupuk tersebut juga bisa dengan mudah anda buat sendiri. Bahannya saja mudah anda temukan di sekitar anda sebab berasal dari berbagai macam limbah yang ada di sekitar anda.

Kini para petani pun mulai beralih dengan pupuk anorganik yang saat ini telah hadir dengan berbagai macam pilihannya. Salah satunya yakni pupuk NPK Mutiara.

Pupuk yang satu ini merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang mana mempunyai kandungan sedikitnya 5 unsur hara makro maupun mikro  yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Sebetulnya pupuk NPK Mutiara ini telah hadir dalam bentuk butiran granul dengan warna biru agak pudar bahkan biasanya di kemas dalam plastik.

Pupuk NPK Mutiara
Pupuk NPK Mutiara

Proses Pembuatan Pupuk NPK Mutiara

Proses pembuatan pupuk NPK Mutiara ini biasanya menggunakan proses Odda yakni pelarutan sebuah batuan fosfat dengan menggunakan asam nitrat. Bahkan sampai saat ini pupuk tersebut masih saja diimpor dari negara Norwegia sebab dari segi harganya maish tergolong mahal yakni Rp 25.000 rupiah untuk per 900 gramnya.

Meskipun harganya mahal namun pupuk ini masih saja terbilang laris di pasaran di karenakan manfaatnya memang sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman. Sampai saat ini pupuk NPK Mutiara ini masih aja menjadi primadona di kalangan para petani. Terlebih untuk mereka yang memelihara tanaman holtikultura sayur-sayuran maupun buah sekalipun.

Simak juga yuk: Pupuk ZA: Kandungan, Manfaat dan Cara Penggunaan

Pupuk tersebut di nilai bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman supaya bisa menghasilkan buah dalam waktu yang lebih cepat bahkan untuk tanaman sayuran bisa membuat daunnya terlihat lebih segar lagi. Bahkan dari batangnya juga lebih hijau dengan perakaran yang kokoh sehingga buah maupun bunganya nanti tidak bakalan mudah rontok.

Jenis pupuk NPK Mutiara ini ternyata sudah di komersialkan untuk mereka para petani yang ada di Indonesia. Hanya saja untuk penggunaannya tentu saja harus di sesuaikan dengan prosedur yang tepat. Jangan sampai pemberian pupuk NPK Mutiara ini melebihi dosisnya.

Penggunaan pupuk NPK Mutiara ini biasanya bisa anda lakukan dengan dua cara yakni dengan di tebarkan secara langsung pada pusat tumbuh tanaman tanpa perlu anda encerkan. Bahkan bisa juga dengan mengencerkan terlebih dahulu baru kemudian anda berikan pada tanaman. Supaya anda tidak merasa bingung lagi dengan penggunaan pupuk NPK Mutiara dalam bentuk padat maupun cair, sebaiknya anda perhatikan beragam informasinya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi di dalam Pupuk NPK Mutiara

Para petani menjadi pupuk NPK Mutiara sebagai pilihan bukan tanpa alasan. Pupuk anorganik yang bersifat majemuk (mengandung lebih dari satu unsur) ini memiliki bentuk atau kenampakan berupa granul (butiran) dan berwarna biru.

Adapun kandungan nutrisi di dalamnya berupa 16 % N (Nitrogen), 16 % P2O5 (Phospate), 16 % K2O (Kalium), 0,5 % MgO (Magnesium), 6 % CaO (Kalsium) dan kerena banyak kandungan unsur dalam jenis pupuk ini terkenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.

Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Cair

Ketika anda memutuskan untuk menggunakan pupuk NPK Mutiara dalam bentuk cair. Alangkah baiknya anda mengetahui berbagai macam tahapan pembuatannya sekaligus cara mengaplikasikannya pada tanaman. Cara penggunaan pupuk tersebut yakni dengan mengencerkan 2 liter larutan pupuk cair yang telah di buat.

Caranya dengan memasukkan dua liter NPK Cair ke dalam 8 liter air. Kemudian aduklah sampai merata baru kemudian anda bisa menyiramkan tepat pada bagian akar tanaman. Sedangkan untuk takaran dosis pertanaman bisa anda berikan 200 ml pupuk cair.

Penggunaan PNPK Mutiara Padat

Ternyata untuk pupuk NPK Mutiara yang hadir dalam bentuk padat ini bisa anda sebarkan secara langsung pada tanaman sayur maupun buah yang anda miliki. Khusus untuk tanaman buah yang berbatang pendek seperti halnya jagung, mentimun, tomat, semangka perlu di beri pupuk dengan takaran sekitar 0,1 kg saja.

Pemberian pupuk pun bisa anda lakukan saat tanamannya berusia di atas rata-rata sekitar satu bulan keatas. Sedangkan untuk tanaman buah yang berkayu seperti jeruk manis, durian, mangga maupun alpukat pemberian pupuknya bisa dengan menggunakan takaran sekitar 1 kg untuk setiap tanamannya. Pemberian pupuk pun bisa anda lakukan dalam waktu 2 bulan sekali.

Dosis penggunaan pupuk NPK Mutiara yang ada pada tanaman sayur mayur bias dengan takaran 2 genggam kemudian di sebarkan secara acak di semua penjuru tanah di mana tanaman tersebut tumbuh. Dengan memperhatikan takaran maupun dosis pemberian pupuk yang tepat tentunya tanaman yang anda kelola bisa tumbuh dengan subur bahkan mampu memberikan hasil panen yang melimpah.

Meskipun dari segi harganya tergolong mahal namun para petani percaya bahwa pupuk tersebut bisa membuat tanaman mereka lebih berkualitas. Pemberian pupuk dengan takaran dosis yang tepat pun mampu membuat tanaman semakin subur. Jadi sebaiknya anda perhatikan dosis pemberian pupuk NPK Mutiara ini yang tepat untuk tanaman anda.

Artikel terkait: Jenis Pupuk Kompos dan Cara Panduan Membuatnya

Kelebihan Pupuk NPK Mutiara

Kandungan dari pupuk NPK Mutiara ini sebetulnya terdiri dari 16% Phospate, 16% Nitrogen, 6% kalsium, 16% Kalium bahkan juga 0,5% Magnesium. Dengan berbagai macam kandungannya ini, wajar saja jika pupuk tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Dengan pemberian pupuk sesuai dengan takaran dosis yang tepat maka pertumbuhan tanaman pun juga bakalan semakin cepat. Itulah mengapa hingga saat ini banyak sekali petani yang memilih menggunakan pupuk NPK Mutiara ini. Dari segi manfaatnya juga banyak sekali untuk tanaman.

Kini ada berbagai keunggulan yang di miliki oleh Pupuk NPK Mutiara ini hingga mampu di jadikan pilihan banyak petani. Inilah beragam keunggulan yang perlu anda ketahui, di antaranya:

  • Mempunyai kandungan unsur hara mikro CaO maupun MgO yang penting sekali untuk pertumbuhan tanaman.
  • Proses pembuatannya melalui proses Odda sehingga lebih cepat bereaksi pada tanaman.
  • Mampu menjaga suatu keseimbangan unsur hara mikro maupun makro pada tanah.
  • Dengan proses pengaplikasiannya cukup mudah sehingga biaya pemupukan juga terbilang lebih kecil.

Dengan beragam keunggulannya ini, wajar saja jika pupuk tersebut masih menjadi idola bagi para petani. Mereka beranggapan bahwa pupuk tersebut memang bagus sekali untuk pertumbuhan tanaman entah itu sayur-mayur maupun buah.

Sebetulnya penggunaan dari pupuk NPK mutiara ini bukan hanya terbatas pada tanaman pangan, holtikultura maupun perkebunan melainkan juga bisa di aplikasikan pada tanaman yang lainnya. Biasanya untuk tanaman perkebunan bisa anda aplikasikan dengan cara menaburkan sebanyak satu sendok teh saja pada tanah sekitar akar tanaman.

Sedangkan untuk tanaman holtikultura tentu saja bisa anda lakukan dengan mengencerkan terlebih dahulu baru kemudian anda kocorkan pada tanaman anda.

Memang proses penggunaan pupuk NPK Mutiara ini mudah sekali untuk di pahami. Terlebih bagi anda yang sudah lama berprofesi sebagai petani tentu saja sudah paham akan hal tersebut. Meskipun dari segi harganya tergolong mahal namun para petani masih saja mencari pupuk NPK Mutiara ini.

Baca juga yuk: Jenis Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman

Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman

Kira-kira apa saja manfaat pupuk NPK Mutiara ini? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pupuk NPK Mutiara ini bermanfaat untuk mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar tanaman. Jadi, akar bisa dengan mudah menyerap hara pada tanah.
  • Manfaat pupuk NPK Mutiara yang kedua adalah dapat mencegah tanaman agar tidak kerdil.
  • Selanjutnya, pupuk ini juga dapat mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.
  • Berikutnya, pupuk ini juga dapat memperkecil kemungkinan tanaman mengalami kerontokan bunga dan juga buah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.
  • Pupuk ini juga bisa meningkatkan proses fotosintesis tanaman sehingga pembentukan zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.
  • Terakhir, pupuk NPK Mutiara juga dapat meningkatkan produksi buah.

****

Jadi tidak heran kenapa banyak petani masih menggunakan pupuk ini sebagai pilihan, karena memang banyak manfaat yang akan dirasakan secara langsung oleh tanaman jika kitam mengaplikasikannya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pupuk NPK Mutiara dari kami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin mencari pupuk terbaik untuk tanaman anda. Jangan lewatkan juga: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair

Artikel Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook