+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Media Tanam Yang Dibutuhkan dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Media Tanam Yang Dibutuhkan dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur

Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias akan menjadi topik yang kali ini kita ulas secara lengkap. Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman dalam kelompok hortikultura yang memiliki fungsi memperindah dan mempercantik baik itu ruangan didalam rumah atau di luar serta juga merupakan tanaman utama pendukung dalam sebuah tanam. Inilah yang menyebabkan tanaman hias kini menjadi salah satu kebutuhan interior dan desain.

Salah satu syarat agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik adalah ditanam di media yang tepat, agar tanaman mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup sehingga dapat tumbuh dengan baik dan juga berkembang sehingga semakin dapat mempercantik pekarangan dan lingkungan.

Nah, tentunya pada kesempatan ini penulis akan memaparkan mengenai apa saja jenis Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias agar tumbuh subur, yuk disimak

Media Tanah

Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias yang pertama adalah media tanah, yang merupakan media yang baik bagi pertumbuhan tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias dapat tumbuh dengan baik dalam media tanah yang subur dan gembur. Misalnya saja jenis tanaman hias bunga seperti mawar, melati, krisan dan masih banyak jenis bunga lainnya.

Media tanah merupakan media yang paling ideal karena mampu menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Apalagi ditambah dengan pemupukan dan juga pemeliharaan yang sesuai dan tepat maka tanaman hias akan dapat tumbuh dengan baik.

Meskipun demikian tetap harus dipertimbangkan untuk menanam tanaman hias ditanah sebab tidak semua jenis tanaman cocok dan akan tumbuh dengan baik.

Media Akar Pakis

Akar pakis juga termasuk kedalam media yang dapat digunakan sebagai media tanam bagi tanaman hias. Jenis tanaman seperti anthurium, dan anggrek relatif sangat cocok ditanam pada media akar pakis.

Tentu saja media ini tidak mampu menyediakan unsur hara secara alami bagi tanaman, namun struktur medianya yang porous akan dapat menyimpan air dengan baik serta juga dapat dengan mudah ditembus akar tanaman.

Media akar pakis juga mudah diperoleh dan memiliki harga yang murah sehingga relatif sangat ekonomis terutama untuk budidaya tanaman hias skala rumahan hingga skala besar.

Sebelum dipakai akar pakis harus disterilkan terlebih dahulu agar bebas dari kontamunan yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman. Selain itu media ini dapat dipakai berulang dengan catatan selalu disterilkan sebelum dipakai kembali.

Media tanam cocopeat

Bagi sebagian orang jika kita menyebutnya sebagai cocopeat mungkin akan terasa asing, namun jika kita menyebutnya sebagai sabut kelapa maka akan banyak orang yang familiar. Media ini sangat mudah ditemukan disekitar kita dan bahkan seringkali dianggap limbah. Namun nyatanya serabut kelapa dapat dipakai sebagai media tanam.

Jenis tanaman yang biasa ditanam pada media sabut kelapa adalah tanaman anggrek. Dari berbagai jenis anggrek dendrobium dan anggrek bulan merupakan jenis yang tepat dan dapat tumbuh baik pada media ini. Namun dengan catatan bahwa kelembaban suhu dan media harus dijaga sebab media cocopeat ini sangat mudah lembab dan lapuk sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Dengan kondisi ini maka akan dapat menyebabkan kebusukan pada akar serta juga mengundang berbagai jenis serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Selain itu serabut kelapa juga mengandung senyawa tanin yang dapat menjadi racun bagi tanaman, sehingga sebelum digunakan harus direndam terlebih dahulu hingga warna air rendamannya berubah menjadi warna bening.

Media tanam pasir

Pasir juga menjadi media tanam yang dapat dipakai sebagai media tanaman hias sebab media pasir sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan beberapa jenis tanaman hias. Seperti misalnya jenis tanaman hias allium atau tanaman hias yang memiliki umbi serta kaktus. Hal ini disebabkan karena pasir memiliki tekstur yang tidak mampu memegang air terlalu banyak.

Sehingga media tanam akan bersifat kering dan juga tidak membuat air menggenang di media. Namun dalam hal ketersediaan unsur hara media pasir sangatlah minim bahkan bisa dibilang miskin unsur hara.

Oleh sebab itu maka tentu harus dilakukan penambahan unsur hara dengan cara melakukan pemupukan agar tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik dan subur seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Media tanam arang kayu

Arang kayu juga merupakan media yang dibutuhkan tanaman hias untuk tumbuh. Jenis tanaman tang dapat di tanam pada media ini adalah tanaman anggrek. Namun penggunaannya tidak banyak dipakai dan cenderung hanya digunakan dalam penelitian saja. Sebab selain miskin unsur hara media arang kayu juga sangat rentan terserang hama dan penyakit serta tidak dapat mengikat dengan kuat pada akar tanaman.

Namun media arang kayu termasuk jenis media yang steril karena berasal dari sisa pembakaran kayu. Biasanya juga dapat dipakai dengan di kombinasikan memakai media lain dan digunakan sebagai bagian dasar media. Sebab memiliki sifat buffer dan dapat menyeimbangkan kelembaban sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias agar tumbuh subur, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Media Tanam Yang Dibutuhkan dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook