+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Panduan Budidaya Bunga Matahari Step by Step Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menanam Bunga Matahari –  Tanaman yang masuk dalam keluarga Compositae  nama latin Helianthus annuus Linn, sama dengan lidah buaya bunga matahari digunakan sebagai hiasan rumah dan sebagai obat tradisional seperti penyakit Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Sulit melahirkan, Disentri, Campak, Infeksi saluran kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.

Budidaya bunga matahari dilakukan dengan berbagai macam tujuan baik sebagai hiasan rumah atau sebagai obat tradisional, bagian bunga matahari yang sering digunakan adalah akar, biji, daun dan bunga.

Cara menanam bunga matahari sebenarnya mudah, namun banyak petani pemula yang kurang pengetahuan mengenai budidaya bunga matahari dengan benar, kesempatan kali ini kami akan menyajikan budidaya bunga matahari dari syarat tumbuh, proses penanaman, proses perawatan hingga tanaman ini berbunga.

Cara Menanam Bunga Matahari
Cara Menanam Bunga Matahari

Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari sangat cocok ditanam pada daerah yang terkena sinar matahari setiap hari, lalu bunga matahari bisa ditanam pada daerah dataran tinggi dan dataran rendah namun dataran tinggi adalah lokasi yang paling disukai bunga matahari.

Selain itu bunga matahari tidak dapat tumbuh pada tanah yang tergenang air karena akarnya akan membusuk, tanah yang kaya akan unsur hara dan pH tanah 6-7 adalah jenis tanah yang cocok untuk budidaya bunga matahari.

Cara Menanam Bunga Matahari 

Nah setelah kami membahas syarat tumbuh tanaman bunga matahari, selanjutnya Mekarmulya.Desa.id akan membahas cara menanam bunga matahari step by step dibawah ini.

 Pemilihan Bibit Bunga Matahari

Sebelum anda memulai pemilihan bibit, tentukan dulu jenis bunga matahari yang akan ditanam karena terdapat beberapa jenis bunga matahari yaitu mommoth, Autumn Beauty, Sunbeam, Teddy Bear setelah itu baru anda pilih bibit yang berkualitas.

Bibit Bunga Matahari
Bibit Bunga Matahari

Pilih bibit bunga matahari dari indukan berkualitas karena dengan begitu bunga yang dihasilkan akan berkualitas juga. Indukan bunga matahari yang berkualitas memiliki ciri ciri sebagai berikut:

  1. Tinggi batang tanaman bunga matahari sekitar 1 sampai 3 meter
  2. Batang bunga matahari yang berkualitas berbentuk batang yang basah
  3. Daun bunga matahari berbentuk hati dan tunggal
  4. Bunga yang dihasilkan berukuran besar seperti cawan bahkan besar lagi
  5. Bunga berwarna kuning seperti matahari
  6. Dan memiliki biji bijian ditengah pada bagian bunga

 Penyemaian Bibit Bunga Matahari

Proses penyemaian bibit adalah salah satu tahap terpenting dari cara menanam bunga matahari, karena tujuan dari penyemaian agar calon tanaman lebih mudah dikontrol, mendapat asupan makan yang cukup serta lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru

  1. Siapkan beberapa alat dan bahan berupa cangkul kecil, tanah humus, pupuk kandang kering dan polybag
  2. Setelah semua bahan siap, campur tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, lalu isi polybag dengan media tanam tadi (jangan terlalu penuh)
  3. Ambil bibit yang sudah anda siapkan sebelumnya, rendam dengan air beberapa jam agar proses kecambahnya lebih cepat, setelah itu tanaman bibit tersebut kedalam polybag dan siram dengan air secukupnya
  4. Letak tempat penyemaian yang tida terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung
  5. Bibit siap dipindahkan kelahan tanaman, setelah berusia 30 hari sejak awal pembibitan

Pengolahan Lahan Tanam

Disini kami akan menjelaskan cara pengolahan yang benar, sebelum itu pastikan lahan yang anda pilih sudah memenuhi beberapa persyaratan tumbuh tanaman bunga matahari seperti jenis tanah, pH tanah, ketinggian tempat namun anda juga bisa menggunakan pot sebagai tempat budidaya bunga matahari.

Baiklah setelah semua persyaratan selesai anda penuhi masuk ke tahap pengolahan lahan sebagai berikut :

  1. Bersihkan lahan dari hama pengganggu baik rumput atau pun tanaman pengganggu lainnya menggunakan cangkul dan sabit
  2. Lakukan penggempuran tanah dengan kedalam 40 cm tujuannya agar akar calon tanaman bungan matahari lebih mudah berkembang. Selain itu anda juga bisa menambah pupuk kandang kering perbandingan 3:1
  3. Setelah itu buat bedengan dengan lebar 140 cm, ketinggian 50cm dan panjang sesuai dengan kondisi lahan. Jangan lupa untuk membuat drainase diantara bedengan agar aliran air mengalir lancar
  4. Setelah buat lubang yang akan digunakan untuk menanam bunga matahari, diamkan lahan beberapa minggu atau sambil menunggu bibit siap dipindah kan.

Begitu cara pengolahan lahan siap anda bisa mengikut cara kami yang lain yaitu penggunaan pot sebagai tempat penanaman sebagai berikut :

  1. Pilih pot dengan ukuran besar tujuannya agar akar tumbuhan bunga matahari dapat berkembang maksimal
  2. Setelah itu pilih lokasi yang akan digunakan untuk meletakkan pot budidaya bunga matahari, lokasi yang cocok untuk budidaya matahari adalah cukup terkena sinar matahari setiap hari
  3. Campur media tanaman bunga matahari berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 secara rata, lalu masukkan kedalam pot (jangan penuh)
  4. Siram dengan air secukupnya, lalu tunggu sampai bibit siap dipindahkan dari tempat penyemaian ketempat budidaya.

Proses Penanaman Bunga Matahari

Pada proses ini anda hanya perlu memindahkan bibit bunga mawar dari tempat penyemain ketempat budidaya baik lahan kosong maupun pot. Sebelum itu pastikan dulu lokasi untuk peletakan pot terkena sinar matahari setiap hari karena tanaman ini sangat membutuh sinar matahari.

Cara menanam bunga matahari diawali dengan mengambil bibit dari tempat penyemaian, anda bisa membuat plastik polybag dan menanam bibit tersebut bersamaan dengan tanahnya lalu tutup kembali dengan tanah di sekitarnya dan lakukan penyiraman air secukupnya.

Proses Perawatan Tanaman Bunga Matahari

Tujuan dilakukan perawatan ini agar bunga yang dihasilkan berukuran besar dan subur, perawatan tanaman bunga matahari sebenarnya mudah namun perlu ketelitian yang tinggi agar tidak salah bertindak.

Cara menanam bunga matahari berikutnya adalah proses perawatan tanaman, anda bisa memberikan pupuk kandang pada tanaman yang berumur 1 sampai 2 bulan selain itu anda bisa memberikan pupuk NPK sebanyak 15-30 gram.

Tanaman bunga matahari yang berumur 3 bulan akan mulai berbunga, satu tanaman bisa menghasilkan 10 sampai 12 batang bunga namun jika anda menginginkan bunga berukuran besar bisa melakukan pemotongan pada tangaki bunga yang lemah dan mempertahankan bunga diujung pangkal serta bunga yang memiliki banyak yang kokoh sebaiknya 1 sampai 2 bunga.

Setelah mengetahui cara menanam bunga matahari, kami akan menyajikan tips memulai budidaya bunga matahari dibawah ini :

  • Bedakan benih bunga matahari dengan kwaci

Karena bibit bunga matahari dan kwaci memiliki ciri yang sama, oleh karena penting bagi anda untuk mengetahui bibit yang anda tanam. Jika bibit yang anda tanaman adalah kwaci sampai dunia ini berubah menjadi kontak tidak akan tumbuh

  • Lahan yang terbuka cocok untuk menanam benih bunga matahari

Sebelumnya kami sudah membahas syarat tumbuh tanaman bunga matahari, tanaman bunga matahari dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran tinggi dan pH tanah 6-7

  • Perhatikan jarak dalam menanam benih bunga matahari

Dengan pemberian jarak yang tepat antar tanaman dapat mempercepat proses pertumbuhan tanaman bunga matahari. Jarak yang sesuai antar tanaman adalah 45 cm.

Demikian artikel dari kami yang membahas cara menanam bunga matahari Step by Step, semoga bisa membantu anda dalam mengetahui informasi sebelum melakukan budidaya bunga matahari benar. Terima kasih.

Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Bunga Mawar Step by Step

 

Artikel Panduan Budidaya Bunga Matahari Step by Step merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook