+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Panduan Cara Budidaya Wortel Lengkap untuk Pemula Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menanam Wortel –  Jumpa lagi dengan Mekarmulya.Desa.id, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya wortel.

Tanaman ini kaya akan manfaat seperti mencegah penyakit kanker, mencegah penyakut jantung, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan mata dan masih banyak yang lainnya.  Selain kaya akan manfaat wortel juga memiliki banyak penggemar karena rasanya lezat baik dimakan langsung dan diolah menjadi juz.

Cara menanam wortel sebenarnya tidak sulit, cuman ada beberapa hal penting yang harus anda pahami mulai dari syarat-syarat tumbuh tanaman wortel dan tahap-tahap penanam wortel dengan benar. Jika anda masih bingung mengenai hal penting sebelum melakukan penanam wortel jangan khawatir kami akan menjelaskan semuanya dibawah ini.

Cara Menanam Wortel
Cara Menanam Wortel

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Baiklah disini kami akan menjelaskan beberapa syarat penting agar tanaman wortel dapat tumbuh secara maksimal dibawah ini.

1. Tanah

Syarat tumbuh wortel yang pertama adalah tanah, jenis tanah yang untuk tanaman wortel adalah andosol, alluvial dan latosol sering dijumpai pada daerah dataran tinggi namun bukan berarti tanaman wortel tidak bisa ditanam pada daerah dataran rendah.

Tingkat keasaman atau pH tanah yang sesuai adalah 5,5-6,5 dan tingkat kemiringan tanah kurang dari 30% dianggap baik sedangkan pada daerah kemiringan lebih dari 30% dianggap tidak baik lalu ketinggian lokasi penanam yang sesuai untuk tanaman wortel mencapai 1000-1500 dpl.

2. Suhu

Syarat tumbuh wortel selanjutnya adalah suhu, karena suhu memiliki fungsi untuk penunjang proses metabolisme, transpirasi, fotosintesis, penyerapan air. Tingkat suhu yang sesuai untuk tanaman wortel adalah 15- 21 derajat C, karena jika suhu didaerah budidaya wortel terlalu tinggi akan merusak kualitas umbi itu sendiri seperti umbi lebih pendek atau kecil.

3. Curah hujan

Syarat penting berikutnya adalah curah hujan, dalam masalah ini sebenarnya berkaitan dengan ketersediaan air karena jika jumlah air kurang akan menghambat proses pertumbuhan wortel sedang jika jumlah air berlebihan akan mengakibatkan wortel lebih mudah terserang penyakit.

Curah hujan yang cocok untuk tanaman wortel adalah pada daerah iklim basah curah hujan 1-3 bulan musim kering dalam 1 tahun, pada musim agak basah 3-4 musim kering dalam setahun dan pada musim sangat basah curah hujan 0-1.5 musim kering dalam setahun.

4. Kelembaban

Syarat tumbuh tanaman wortel berikutnya adalah kelembaban daerah, jika suatu daerah memiliki kelembaban tinggi akan menganggu proses pertumbuhan wortel seperti wortel lebih mudah terserang penyakit dan proses penyerapan CO2 terganggu sehingga fotosintesis tidak bisa dilakukan. Kelembaban yang cocok untuk tanaman wortel adalah 80-90 % jika lebih akan mengakibatkan beberapa masalah seperti diatas.

Panduan Cara Menanam Wortel 

Nah diatas tadi adalah syarat tumbuh tanaman wortel, selanjutnya kami akan menjelaskan tahap-tahap menanam wortel dibawah ini.

1. Proses Pemilihan Bibit Wortel

Tahap pertama dalam cara menanam wortel adalah pemilihan bibit unggulan, pada tahap ini yang akan menentukan hasil panen anda kedepannya. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk memilih bibit wortel yaitu membuat bibit wortel sedniri dan membeli bibit wortel pada toko pertanian dekat rumah masing-masing.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara membuat bibit wortel unggulan dibawah ini.

Cara membuat bibit wortel unggulan 

  • Pilih indukan wortel yang mudah beradaptasi dengan wilayah sekitar
  • Lalu pilih juga indukan wortel yang tidak terserang hama dan dalam kondisi fisik berwarna cerah
  • Selanjutnya pilih indukan yang sudah berumur 100 hari, lalu ukuran indukan besar lurus dan tidak bercabang
  • Langkah berikutnya potong bagian ujung wortel 1/3 cm, dan potong daun wortel (sisakan 10 cm)
  • lalu siapkan bedengan, tabur permukaan wortel dengan pupuk Trichompos dan diamkan selama 1 minggu
  • tanaman indukan wortel diatas bedengan dan siram menggunakan larutan Trichoderma, air dan ZPT organik setiap 2 minggu sekali
  • lakukan penyiraman sekali pada sore hari ( lakukan setiap hari pada musim kemarau)
  • tunggu hingga 1 bulan, tanaman wortel akan mulai berbunga lalu setelah 2 minggu bunga akar mekar
  • bunga wortel yang sudah mengering dan berwarna kecokelatan siap dipanen
  • setelah proses panen kumpulan biji bunga dalam satu tempat (plastik) ikat rapat
  • bibit wortel siap

Baiklah itu adalah cara membuat bibit wortel unggul, namun jika anda ingin langsung membeli bibit di toko pertanian tidak masalah asal bibit memenuhi beberapa ciri unggulan seperti bentuk bibit seragam, sudah terbukti menghasilkan panen tinggi, serta berasal dari indukan wortel yang berumur pendek.

2. Proses Pembenihan Wortel

Cara menanam wortel berikutnya adalah proses pembenihan, bertujuan agar bibit dapat tumbuh lebih maksimal. Kami akan menjelaskan langkah-langkah pembenihan wortel yang benar dibawah ini.

Cara pembenihan wortel 

  • Siapkan bibit yang sudah anda pilih, baik dari bibit yang buat sendiri atau bibit yang dibeli dari toko pertanian
  • Selanjutnya ambil biji lalu gosok menggunakan tangan agar bibit tidak menempel satu sama lain
  • Lalu rendam bibit dengan air dingin selama sehari semalam, tunggu bibit wortel tumbuh kecambah
  • Keluar bibit yang sudah mulai tumbuh kecambah, letakkan di suatu tempat dengan rapi.

3. Pengolahan Lahan Tanam

Tahap ketiga dari cara menanam wortel adalah pengolahan lahan, sebelum praktek pengolahan ada baiknya anda pastikan dulu apakah lokasi lahan tanam anda sudah benar benar sesuai dengan persyaratan yang kami jelaskan diatas, jika sudah sesuai langsung saja praktekin pengolahan lahan dibawah ini.

Lahan Tanam Tanaman Wortel
Lahan Tanam Tanaman Wortel

Cara pengolahan lahan 

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan berupa cangkul, sabit dan pupuk kandang kering
  • Lalu bersihkan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput, sisa tanaman yang tidak berguna mengunakan cangkul dan sabit
  • Setelah lahan bersih, mulailah proses pembajakan atau penggemburan tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 40 cm. Pada langkah ini anda bisa menambahkan pupuk kandang kering agar lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.
  • Jika lahan memiliki ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda bisa melakukan pengapuran terlebih dulu dan setelah kapur ditaburkan biarkan selama 1-2 minggu
  • Langkah selanjutnya buat bedengan dengan lebar 130 cm, tinggi bedangan 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. Seteleh itu buat drainase disekitar bedengan dengan jarak 40 cm lalu buat juga lubang penanam melon di bedengan dengan jarak antar lubang 30-40 cm.
  • Setelah itu anda bisa menutup bedengan menggunakan plastik dan biarkan selama 1-2 minggu.

4. Proses Penanam Wortel

Baiklah tahap yang keempat adalah proses penanam wortel, sebenarnya tahap ini sangat mudah dibandingkan dengan beberapa tahap lainya anda hanya perlu pengetahuan mengenai cara penanaman wortel yang benar dan teliti.

Cara menanam wortel, anda ambil bibit dari tempat penyimpanan lalu tanam di area bedeng yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu tutup kembali dengan tanah, kalau perlu tutup menggunakan daun agar bibit tidak tergenang air jika hujan. Terakhir tunggu sampai bibit tumbuh daun 2-3 helai baru bisa anda buka daunnya dan siram dengan air secukupnya.

Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Jahe Step by Step

5. Proses Perawatan Tanaman Wortel

Selanjutnya adalah proses perawatan tanaman wortel, tahap kelima dari cara menanam wortel ini adalah salah satu tahap penting yang akan menentukan hasil panen kedepannya. Meskipun tanama wortel tetap dapa tumbuh walaupun tidak dirawat tapi hasilnya akan jauh dibandingkan dengan wortel yang dirawat.

Cara perawatan tanaman wortel 

Nah pada kesempatan kali ini kami Mekarmulya.Desa.id akan menjelaskan beberapa perawatan penting agar hasil panen wortel maksimal sebagai berikut ini.

  • Penjarangan dan penyiangan

Perawatan tanaman wortel yang pertama adalah penjarangan dan penyiangan, penjarangan adalah proses pengurangan jumlah tanaman dengan tujuan memberikan ruang untuk tanaman lain tumbuh lebih besar dan subur. Kegiatan penjarangan dilakukan pada tanaman yang berumur 1 bulan dari masa awal tanam.

Selanjutnya penyiangan adalah proses pembersihkan lahan tanam wortel dari beberapa hama pengganggu baik tumbuhan maupun hewan seperti ulat, kegiatan ini dilakukan pada tanaman yang berumur 1-2 namun juga tergantung kondisi lahan juga.

  • Pengairan

Tanaman wortel memerlukan ketersedia air yang cukup, agar proses pemasakan makanannya tidak kurang karena air berguna sebagai bahan pelarut zat hara yang akan dihisap oleh akar. Penyiraman dilakukan setiap hari pada tanaman wortel yang baru ditanam, namun jika tanaman sudah mulai tumbuh besar kegiatan penyiraman bisa dikurang tapi harus diingat tingkat kelembaban daerah harus diperhatikan.

  • Pemupukan susulan

Perawatan selanjutnya adalah pemupukan, anda bisa memberikan pupuk jika tanaman sudah masuk umur 30 hari. Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik ataupu anorganik, jika menggunakan pupuk anorganik anda bisa menggunaka pupuk urea dan KCI dengan perbandingan 2:1 dan jika menggunakan pupuk organik bisa menggunakan pupuk kandang ataupun kompos dengan jumlah 1,5 kg diatas permukaan bedengan.

6. Proses Panen Wortel

Tahap terakhir dari cara menanam wortel adalah panen, kegiatan ini sebenarnya tidaklah sulit namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan panen yaitu ketepatan waktu karena jika dipanen diusia yang terlalu tua maka umbi akan keras dan kualitasnya akan turun oleh karena itu usahakan untuk memanen wortel pada usia 3 bulan dari awal penanaman.

Cara menanam wortel berikutnya adalah panen, proses panen sangat lah mudah karena anda hanya perlu mencabut umbi wortel dari tanah lalu bersihkan dari kotoran. Anda bisa membuang batang wortel atau dibiarkan saja semua tergantung permintaan pasar.

Nah itu adalah artikel kami mengenai Cara Menanam Wortel, langsung praktekin saja tahap-tahap menanam wortel dan langsung jadi petani wortel sukses. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memulai bisnis budiday wortel sekian terima kasih.

Simak juga: Panduan Cara Budidaya Timun yang Lengkap untuk Pemula!

Artikel Panduan Cara Budidaya Wortel Lengkap untuk Pemula merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook