+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Panduan Cara Menanam Bawang Putih yang Benar! Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menanam Bawang Putih –  Kembali lagi bersama Mekarmulya.Desa.id, sebelumnya kami sudah menyajikan tentang Panduan Budidaya Semangka Step by Step Hingga Sukses kali ini kami akan membahas cara menanam bawang putih sebelum itu ada baiknya anda ketahui dulu apa itu bawang putih serta manfaat yang diperoleh setelah mengkonsumsi bawang putih.

Bawang putih adalah tanaman yang masuk dalam jenis Genus Allium ( buah umbinya yang dikonsumsi), selain itu bawang putih juga sudah lama dikenal serta digunakan didaerah laut tengah dan menjadi bumbu masak di Asia Afrika serta Eropa sejak 7.000 tahun yang lalu.

Setelah anda mengetahui apa itu bawang putih, selanjutnya kami akan membahas manfaat yang diperoleh setelah mengkonsumsi bawang putih dibawah ini.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang menarik untuk kita ketahui:

1. Bawang putih dapat mencegah kanker

Dari beberapa riset yang dilakukan oleh para peneliti khasiat yang sangat besar terlihat pada pencegahan kanker, karena kita ketahui bahwa penyakit kanker sangat berbahaya bagi tubuh serta jika tidak diobati akan mengakibatkan kematian bagi penderita. Oleh sebab itu sangat kami anjurkan bagi anda penderita atau belum penderita ada baiknya untuk mengkonsumsi bawang putih karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

2. Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah

Manfaat selanjutnya dar bawang putih adalah menurunkan tekanan darah, dari beberapa sumber yang kami ambil bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 7-8%.  Anda dapat mengolah banyak putih menjadi bubuk agar lebih mudah dikonsumsi, selain itu anda juga bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara dimasak.

3. Bawang dapat menjadi antivirus/ antioksidan

Manfaat yang sangat terkenal lainnya adalah mencegah antivirus atau sebagai antioksidan bagi tubuh, karena didalam tubuh kita banyak yang namanya bakteri, jamur, ragi, virus serta cacing dengan mengkonsumsi bawang putih anda bisa mencegah perkembangan semua hama buruk didalam tumbuh.

Panduan Cara Menanam Bawang Putih 

Setelah kami membahas manfaat bawang putih, Mekarmulya.Desa.id akan membawa topik utama yaitu cara menanam bawang putih dibawah ini.

1. Waktu tanam

Kenapa kami memilih waktu tanam sebagai hal terpenting dari cara menanam bawang putih? Karena bawang putih hanya dapat tumbuh dengan baik pada musim kemarau meskipun tanaman ini sangat memerlukan air yang banyak, tapi jika kondisi tanah pada daerah penanaman bawang putih becek akan menurunkan kualitas dari umbi bawang putih yang dihasilkan.

Oleh sebab itu kami sangat menyarankan untuk menanam bawang putih pada musim kemarau di bulan April sampai juni, agar hasil umbi bawang putih terjaga kualitasnya.

2. Pemilihan bibit/benih bawang putih berkualitas

Cara menanam bawang putih berikutnya adalah pemilihan bibit/benih yang berkualitas, karena jika bibit yang berkualitas serta cara menanam bawang putih dilakukan dengan benar hasil yang diperoleh tidak akan mengecewakan.

Pemilihan bibit bawang putih berkualitas
Pemilihan bibit bawang putih berkualitas

Kali ini kami akan menyajikan bagaimana cara memilih bibit/benih bawang putih berkualitas, bibit/ benih yang berkualitas memiliki proses pertumbuhan yang cepat.

Ciri-ciri bawang putih berkualitas 

Terdapat beberapa ciri-ciri tanaman bawang putih berkualitas dibawah ini.

  • Bibit atau benih bersih dari kotoran

Bibit atau benih yang berkualitas memiliki kondisi fisik yang bersih apalgai jika bibit atau benih itu termaksud dalam kategori unggulan, selain bersih dari kotoran bibit atau benih bawang putih juga bersih dari hama, gulma.

  • Bibit atau benih bawang putih berisi/bernas

Maksud dari ciri yang kedua ini sangatlah simple, intinya bibit atau benih tidak terserang hama yang mengakibatkan kompong. Dalam masalah ini anda bisa melakukan metode yang mudah seperti menenkan bibit atau benih bawang putih yang tidak terbungkus oleh plastik atau anda juga bisa melakukan metode penimbangaan.

Selain itu anda juga bisa melakukan metode perendaman, karena jika bibit atau benih bawang putih yang berisi/bernas akan tenggelam jika direndam dalam air. Anda harus memperhatikan hal ini karena jika anda memilih bibit atau benih yang kompong, maka anda bisa mengalami gagal panen.

  • Bibit atau benih bawang putih berwarna cerah

Ciri selanjutnya adalah warna dari bibit atau benih bawang merah tersebut, sebab bibit atau benih yang berkualitas memiliki warna yang cerah meskipun sudah disimpan dalam waktu yang lama.

Saran dari kami setelah membeli bibit atau benih yang berwarna cerah, hindari penyimpanan dalam lingkungan yang mengandund patogen karena dapat merusak kualitas dari benih bawang putih serta membuat warna menjadi kusam.

  • Bibit atau benih bawang merah memiliki ukuran yang sama/seragam

Ciri yang terakhir ini sangat mudah anda perhatikan, sebab anda hanya perlu memperhatikan ukuran setiap benih bawang putih yang akan dibeli. Biasanya benih bawang putih berkualitas memiliki ukuran yang sama/seragam dengan bibit yang lain.

Selain itu jika bibit atau benih terlalu besar bukan berarti itu termaksud tanda bahwa benih tersebut bagu atau berkualitas, karena bibit yang berkualitas memiliki volume umbi yang sama dengan umbi lainnya.

Setelah kami menyajikan cara memilih bibit atau benih yang berkualitas, semoga anda tidak keliru lagi dalam memilih bibit mana yang berkualitas dan bibit mana yang buruk.

3. Pengolahan lahan tanam bawang putih

Tahap berikutnya pengolahan lahan tanam bawang putih, jelas tanaman bawang putih memiliki kriteria tempat tanam seperti jenis tanah, kadar PH tanah. Kali ini kami akan menyajikan lahan tanam yang cocok untuk tanaman bawang putih, tananaman bawang putih sangat suka jenis tanah lempung berpasir serta struktur tanah yang gembur selain itu tanaman ini juga suka pada tanah yang memiliki kadar PH 5,5-7.

Selanjutnya kami akan menyajikan cara mengolah lahan tanam bawang putih yang benar dibawah ini.

Cara pengolahan lahan tanam

Pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan peralatan berupa cangkul, karena anda akan melakukan penggemburan tanah yang akan digunakan sebagai media tanam, setelah penggemburan tanah selesai tahap selanjutnya melakukan pemupukan bisa menggunakan pupuk kandang diawal penanaman.

Tahap berikutnya melakukan pengecekan pH tanah, jika pH tanah dibawa 5 ada baiknya melakukan pengapuran terlebih dulu. Berikutnya proses pembuatan bedengan, buatlah bedeng panjang sesuai jumlah tanaman bawang yang akan ditanam dan luas bedengan 125 cm. Tahap terakhir adalah pembuatan lubang yang akan diisi calon bibit atau benih bawang putih.

4. Penanaman bibit atau benih bawang putih

tahap berikutnya adalah proses penanaman benih bawang putih, anda bisa mengisi lubang yang sudah disiapkan pada proses pengolahan lahan tadi dengan memasukan satu benih disetiap lubang. Setelah itu tutup menggunakan tanah dengan tipis lalu siram dengan air secukupnya.

Cara Menanam Bawang Putih
Cara Menanam Bawang Putih

setelah proses penanaman selesai, anda harus melakukan proses perawatan atau pemeliharaan tanaman bawang putih agar tumbuh secara maksimal.

Cara Memelihara Tanaman Bawang Putih 

Berikut ini beberapa cara memelihara bibit atau benih bawang putih agar tumbuh secara maksimal:

1. Pemupukan

Dalam proses pemeliharaan bawang putih, cara pemeliharaan yang pertama adalah proses pemupukan dalam proses ini anda bisa menggunakan 2 jenis pupuk yaitu pupuk organik dan non-organik.

2. Pemulasan

Kegiatan ini dilakukan pada musim kemarau karena jika dilakukan pada musim penghujan dapat mengakibatkan tanah terlalu lembab serta dapat merusak kualitas bawang putih. Bahan pemulasan berupa jerami atau sisa-sisa tanaman yang sudah mati karena dapat meningkatkan suhu disekitar area tanam.

3. Pengairan

Cara berikutnya dengan melakukan pengairan/membuat parit disekitar area bedengan tanaman bawang putih, pada tahap awal sebaiknya pengairan dilakukan 2-3 sehari, namun setelah masuk proses pertumbuhan tunas proses pengairan dilakukan 7-15 hari sekali. Selain itu jika tanaman bawang putih sudah mendekati panen hentikan proses pengairan.

4. Panen

Tahap selanjutnya adalah panen, proses ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh para petani dari menentukan waktu tanam, pemilihan bibit berkualitas, pengolahan lahan serta proses penanaman dan pemeliharaan tanaman bawang putih. Waktu panen biasanya tergantung pada jenis bawang putih yang dipilih, namun biasanya bawang putih panen sekitar 90-120 hari.

Sebelum kami membahas proses panen ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri tanaman bawang putih yang sudah siap panen, warna daun berubah dari hijau menjadi kecoklatan. Dalam proses panen anda harus menghentikan semua kegiatan pemupukan, pengairan serta pemulasan.

Setelah penjelasan diatas kami akan menyajikan cara panen bawang putih dengan benar agar kualitas yang dihasilkan tidak berubah.

Panen Bawang Putih
Panen Bawang Putih

Cara Panen Bawang Putih dengan Benar

  • Anda bisa menggunakan tangan langsung, tapi yang perlu anda ingat saat proses panen harus dilakukan pada cuaca cerah
  • Setalah itu kumpulan umbi bawah putih menjadi satu, lalu ikat sebanyak 20-30 rumpun per ikatan serta dijemur sampai batang benar-benar kering.
  • Proses penjemuran dilakukan dibawah sinar matahari langsung, tapi umbi bawang putih ditutup menggunakan kain agar tidak terkena sinar matahari
  • Setelah batang bawang putih benar-benar kering simpan pada daerah yang memiliki kadar kelembaban rendah, agar umbi bawang putih tidak busuk.

Baiklah itu sedikit informasi dari kami mengenai Cara Menanam Bawang Putih dengan benar, bagaimana menurut anda? Sudah cukup jelas bukan? Langsung saja lakukan budidaya bawang putih sendiri dengan mengikut cara-cara diatas, sekian dari kami terimakasih.

Simak juga: Panduan Cara Menanam Bawang Merah Step by Step

Artikel Panduan Cara Menanam Bawang Putih yang Benar! merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook