+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Lengkap untuk Pemula Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menanam Lidah Buaya –  Tanaman yang memiliki batang berserat, berlendir, bagian tepi daun berduri, dapat bertahan ditempat yang sangat kering, daun tebal, terdapat bercak di daunnya serta berakar serabut sering digunakan sebagai bahan kecantikan baik oleh perempuan maupun pria.

Lidah buaya adalah tanaman yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu serta dapat tumbuh dengan mudah di kawasan kering afrika dengan nama latin ‘aloe vera’ banyak memiliki manfaat selain sebagai bahan kecantikan ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain karena kaya akan manfaat tanaman lidah buaya juga mudah dibudidayakan serta memiliki konsumen yang selalu meningkat.

Kebutuhan akan lidah buaya memang sangat tinggi, oleh karena itu banyak orang awam yang ingin mengetahui cara menanam lidah buaya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Pada kesempatan kali ini Mekarmulya.Desa.id akan membagikan step by step budidaya lidah buaya dibawah ini.

Manfaat Lidah Buaya

Jenis tanaman yang mudah dibudidayakan serta kaya akan manfaat bisa menjaga kesehatan tubuh serta sebagai bahan perawatan kulit dan rambut ini. Namun selain itu ternyata tanaman lidah buaya juga dapat memberi beberapa manfaat lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Dapat menjaga kadar keasaman didalam tubuh
  2. Dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh
  3. Lidah buaya juga dapat mengeluarkan racun yang masuk kedalam tubuh
  4. Digunakan sebagai bahan diet karena bisa menurunkan berat badan
  5. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut
  6. Sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe pada rambut
  7. Mengatasi kerontokan pada rambut
Cara Menanam Lidah Buaya
Ilustrasi: Cara Menanam Lidah Buaya

Panduan Cara Menanam Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat bagi tubuh baik pada bagian luar maupun dalam, sehingga pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara menanam lidah buaya step by step :

1. Pemilihan bibit lidah buaya unggulan

Pada tahap pertama cara menanam lidah buaya adalah pemilihan bibit unggulan bertujuan agar hasil panen yang diharapkan memiliki kualitas terbaik sehingga dalam proses pemasaran atau penjualan tidak mengalami kesulitan karena konsumen merasa puas dengan hasil budidaya lidah buaya anda.

Selain itu dengan menggunakan bibit unggulan anda bisa mengurangi resiko gagal panen yang diakibatkan oleh serangan virus dan hama karena bibit yang berkualitas unggulan akan tahan terhadap serangan virus dan hama serta masa pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan bibit lidah buaya biasa.

Disini kami akan memberikan ciri-ciri indukan lidah buaya unggulan yang bisa anda perhatikan dibawah ini.

  • Ukuran batang lidah buaya mencapai 50-60 cm
  • Berat per batang buah lidah buaya mencapai 8 0ns
  • Warna batang buah lidah buaya hijau tua
  • Buah memiliki aroma tidak terlalu menyengat
  • Rasa buah tidak terlalu pahit

2. Menyiapkan Polybag Sebagai Tempat Budidaya Lidah Buaya

Penggunaan polybag sebagai tempat budidaya lidah buaya memiliki keuntung yaitu tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas sehingga jumlah tamanan lidah buaya bisa disesuaikan dengan kondisi halaman rumah anda. Selain itu dengan menggunakan polybag perawatan tanaman lidah buaya bisa dilakukan dengan mudah, sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Cara menanam lidah buaya sebenarnya tidak sulit hanya perlu pengalaman yang cukup sehingga tidak mengalami gagal panen, namun anda tidak perlu khawatir karena Mekarmulya.Desa.id akan memberikan penjelasan secara detail sehingga dapat mengurangi terjadi gagal panen.

Penggunaan polybag yang akan digunakan sebagai tempat budidaya lidah buaya harus memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, meskipun polybag dengan ukuran besar lebih bagus untuk pertumbuhan lidah tetapi jika lahan yang anda miliki tidak luas maka penggunaan polybag berukuran besar dapat mengurangi jumlah tanaman lidah buaya yang akan ditanaman sehingga akan lebih cocok menggunakan polybag dengan diameter 20 cm.

3. Media Tanam Lidah Buaya

Tananam lidah buaya sangat cocok tumbuh pada daerah yang kering seperti di kawasan afrika namun jangan khawatir tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di indonesia karena pemilihan media tanam yang cocok. Cara menanam lidah buaya bisa dilakukan dengan memilih media yang sesuai dengan kebutuhan tanaman karena setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Lidah buaya bisa tumbuh dengan maksimal pada tanah kering, berpasir serta kaya akan unsur hara sebagai bahan makanannya. Saat melakukan budidaya tanaman lain sering menggunakan tanah basah atau gembur sebagai media utama penanaman namun pada budidaya lidah buaya menggunakan tanah kering sebagai media utama budidaya.

Setelah anda menyiapkan tanah kering, pasir serta pupuk kandang, langkah selanjutnya adalah pencampuran ketiga bahan itu dengan perbandingan 3:1:1 secara merata lalu masukkan kedalam polybag.

Ciri tanaman lidah buaya yang subur memiliki tunas yang banyak, oleh karena itu anda perlu memperhatikan kondisi jumlah tunas dari setiap tanaman lidah buaya karena jika tunas terlalu banyak akan mengalami perebuatan energy sehingga perlu melakukan pemisahan tanaman induk dengan anakan tanaman lidah buaya.

Proses penanaman lidah buaya

Cara menanam lidah buaya dapat dilakukan dengan mudah, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu pemilihan bibit unggulan seperti diatas tadi. Setelah anda mendapatkan bibit lidah buaya yang sesuai dengan kriteria, menyiapan tempat penanaman serta media budidaya langsung saja masuk keproses penanam yang akan dijelaskan dibawah ini.

1.      Ambil tempat budidaya lidah buaya yang sudah diisi denga media tanam sebelumnya

2.      Lalu ambil juga bibit lidah buaya unggulan dari tunas indukan yang unggulan juga.

3.      Kemudian tanaman lidah buaya sama seperti menanam tanaman lainnya

4.      Bibit lidah buaya jangan ditanaman terlalu dalam dan jangan terlalu dangkal. Jika tanaman lidah buaya ditanam terlalu dalam dan terlalu dangkal akan beresiko pembusukan.

4. Waktu Penyiraman

Semua tanaman membutuhkan air namun tidak semua tanaman suka akan air contohnya lidah buaya, tananman yang lebih menyukai tanah kering dibandingkan dengan tanah basah karena lidah buaya akan cepat membusuk jika kondisi tanah basah.

Cara menanam lidah buaya yang perlu dilakukan dengan hati-hati adalah waktu penyiraman tanaman lidah buaya, karena tananaman ini memiliki daun yang dapat menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga proses penyiraman tidak perlu dilakukan secara rutin.

5. Cara Perawatan Lidah Buaya

Tanaman yang dapat tumbuh didalan kondisi tanah kering ini juga memerlukan beberapa agar masa pertumbuhan lidah buaya tidak mengalami keterlambatan serta buah yang dihasilkan berkualitas unggulan, berikut ini beberapa cara perawatan lidah buaya :

  • Pemupukan 

Tujuan pemberian pupuk pada tanaman lidah buaya agar kebutuhan akan unsur hara di dalam tanah dapat tercukupi sehingga proses pembuatan makanan bisa dilakukan secara maksimal. Pemberian pupuk pada tanaman ini bisa dilakukan 2 minggu sekali dengan memberikan pupuk npk sebanyak 2 gr/polybag.

  • Pecahayaan Tanaman

Tanaman yang banyak membutuhkan sinar matahari, sehingga proses penempatan polybag harus terkena sinar matahari secara langsung. Namun hindari penyinaran matahari secara intens karena dapat merusak kualitas lidah buaya, berikut beberapa ciri lidah buaya yang mendapat terlalu banyak penyinaran matahari.

  1. Daun terdapat bintik cokelat gelap atau oranye,
  2. Pada umumnya, jika sudah parah maka daun akan bersisik dan warnanya berubah menjadi oranye sepenuhnya.

6. Masa Panen

Tananama lidah dapat dipanen setelah berumur 6 bulan hingga 7 bulan, jika proses penan dilakukan terlalu cepat maka khasiat yang diperloleh dari lidah buaya akan berkurang serta jika panen dilakukan terlalu lama buah juga akan mengelami penuruna khasiat dan batang lidah buaya akan berwarna agak kuning menandakan buah sudah terlalu tua untuk dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan kecantikan.

Terakhir adalah masa panen, para petani lidah buaya harus tahu kapan masa panen yang tepat, sehingga lidah buaya memiliki khasiat secara maksimal baik sebagai bahan kecantikan serta sebagai obat tradisional untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang kaya akan manfaat seperti untuk kesehatan tubuh maupun untuk perawatan kulit atau kecantikan membuat kebutuhan akan lidah buaya di pasar selalu meningkat, dengan melakukan budidaya lidah buaya dirumah dapat mengurangi pengeluaran keuangan serta dapat menambah pemasukan keuangan dengan menjual lidah buaya di pasar sekitar rumah anda maupun diluar daerah.

Semoga artikel dari Mekarmulya.Desa.id mengenai cara menanam lidah buaya dapat membantu anda dalam memulai bisnis maupun memenuhi kebutuhan akan tanaman ini secara pribadi, terima kasih.

Jangan lewatkan juga: Panduan Menanam Bunga Matahari Step by Step

Artikel Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Lengkap untuk Pemula merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook