+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Panduan Cara Menanam Merica Lengkap untuk Pemula Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menanam Merica – Jumpa lagi dengan Mekarmulya.Desa.id, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan budidaya merica. Tanaman yang kaya akan kandungan kimia seperti minyak lada, minyak lemak serta pati serta buah dari merica sering digunakan sebagai bahan masakan sehari-hari.

Kebutuhan akan merica di indonesia tinggi, sehingga dengan membuka budidaya merica dapat membuka peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu merica ini juga masuk kategori tanaman yang mudah dibudidaya serta dapat tumbuh di semua daerah Indonesia.

Cara Menanam Merica
Cara Menanam Merica

Manfaat Tanaman Merica

Cara menanam merica dapat menggunakan polybag maupun bedengan, pemilihin bibit dari bji atau steak serta proses perawatan merica agar berbuah banyak. Selain karena tanaman yang mudah dibudidayakan serta kebutuhan pasar yang tinggi ternyata merica kaya akan manfaat bagi tubuh, yaitu :

  • Membantu menurunkan berat badan
  • Radang sendi
  • Kanker
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Sakit perut
  • Tekanan darah tinggi
  • Kesehatan jantung
  • Anti -oksidan

Syarat Tumbuh Merica

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh tubuh jika mengkonsumsi merica, selanjutnya kami akan menjelaskan cara menanam merica yang diawali dengan memahai syarat tumbuh merica agar proses budidaya anda dapat menghasilkan buah yang maksimal.

1. Iklim untuk Merica

Budidaya merica dapat berhasil dengan memperhatikan iklim yang cocok untuk pertumbuhan merica berupa curah hujan 2.000-3.000 mm/th, mendapat penyinaran matahari yang cukup berkisar 10 perhari, suhu yang cocok untuk tumbuh kembang merica adalah 200C-340C serta kelembaban 50-100%

2. Media Tanam Merica

Tanaman merica juga memerlukan media tanam yang cocok agar proses pertumbuhan hingga panen dapat maksimal serta menghindari terjadinya gagal panen seperti ketinggian tempat mencapai 300-1.1000 dpl, jenis tanah  Podsolik, Lateritic, Latosol, dan Utisol  serta subur dan kaya akan unsur organik, ph tanah mencapai 5,5-7,0.

Panduan Cara Menanam Merica

Setelah kami menjelaskan syarat tumbuh tanaman merica, selanjutnya kami akan membahas cara menanam merica yang bisa diikut step by stepnya, yaitu :

1. Pemilihan bibit merica

Dalam proses pemilihan bibit merica anda bisa menggunakan 2 cara yaitu bibit biji atau bibit stek namun disini kami menyarankan untuk menggunakan bibit stek saja bagi pemula karena harga dari bibit biji lebih mahal, tetapi jika anda benar-benar yakin untu menggunakan bibit biji tidak masalah itu tergantung keinginan masing-masing.

Bibit dari Biji

Terdapat jenis bibit biji merica unggulan yaitu bibit merica Bangka, setelah anda mendapat jenis bibit unggulan tahap selanjutnya adalah proses penyemaian yang bertujuan agar calon tanaman dapat tumbuh secara maksimal serta mendapat perawatan yang maksimal juga.

Sebelum itu pastikan anda sudah melakukan proses penyeleksian agar bibit yang digunakan benar-benar berkualitas unggulan, bibit yang siap ditanam adalah biji yang berwarna merah atau menguning lalu kulit luar biji dikupas setelah itu anda langsung bisa menanamnya di media penyemaian.

Bibit dari Stek

Menggunakan bibit stek digunakan banyak petani pemula karena lebih mudah serta murah, berikut ini adalah cara stek bibit merica berkualitas unggulan yaitu :

  1. Proses stek diambil dari sulur panjat yang pertumbuhannya keataas serta menempel pada pohon sandaran
  2. Panjang stek mencapai 7 ruas
  3. Bibit stek berasal dari indukan yang sudah berumur kurang lebih 2 tahun
  4. Indukan harus bagus, kuat dan memiliki daun berwarna hijau tua

Setelah anda mengetahui cara pemilihan bibit merica dari biji maupun stek, disini kami juga akan memberikan tips memilih bibit merica yaitu :

Tips memilih bibit merica

  • Memiliki jaminan atas kemurnian jenis bibitnya
  • Bibit berasal dari indukan yang sehat
  • Indukan tidak terserang hama dan penyakit
  • Indukan harus berumur 10 bulan hingga 3 tahun
Pembibitan Lada via Youtube
Pembibitan Lada via Youtube

2. Persiapan Lahan Tanam Merica

Cara menanam merica selanjutnya adalan proses pengolahan lahan tanam, sebelum itu pastikan lokasi yang anda pilih sudah memenuhi semua syarat pertumbuhan merica seperti ketinggian tempat, ph tanah, jenis tanah, suhu, curah hujan serta kelembaban agar merica yang dihasilkan memiliki kualitas unggulan sehingga dalam proses penjualan di pasar tidak mengalami kesulitan.

Pengolahan Lahan Lada

Berikut ini adalah cara pengolahan lahan tanam merica, yaitu :

  1. Bersihkan lahan dari rumput serta hama pengganggu lainnya menggunakan cangkul dan sabit
  2. Setelah itu cangkul tanah dengan kedalam 30 cm agar akar baru merica dapat berkembang dengan mudah
  3. Lalu berikan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1
  4. Jika ph tanah kurang dari 5 lalukan proses pengapuran agar tanah stabil kembali
  5. Buat pengajiran dengan jarak 2,5 m dalam barisan serta 4 m antar barisan
  6. Selanjutnya buat lubang dengan ukuran 40X40X40 serta ketinggian mencapai 20 cm
  7. Biar sampai 2 hingga 4 minggu lahan tanam merica

3. Proses Penanaman Merica

Cara memanam merica bisa dilakukan dengan monokultur dengan jarak 2m x 2m atau menggunakan metode tumpang sari. Proses penanam merica lebih baik dilakukan pada musim hujan atau pada saat musim pergantian musim. Selain itu cara menanam merica dilakukan pada waktu yang tepat yaitu pagi pukul 6.30 atau sore 16.30 hingga 18.00. pemberian pupuk dasar kisaran 0,75 hingga 100 gram pertanaman.

4. Perawatan Tanaman Merica

Pada cara menanam merica proses perawatan sangat penting dilakukan karena banyak hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman merica anda sehingga tanaman dapat mati serta terjadi gagal panen. Oleh karena itu anda perlu melakukan perawatan selain untuk membasmi hama dan penyakit, proses perawatan dilakukan untuk menjaga kualitas unggulan buah merica nantinya. Berikut ini beberapa cara perawatan merica, yaitu :

  • Pengikatan tanaman merica

Tujuan dilakukan pengikatan agar tanaman dapat lebih kuat dan kokoh, pengikatan ini dilakukan dengan tali yang dikiat pilin agar mudah dilepaskan.

  • Penyiangan dan pembubunan merica

Penyiangan adalah proses pembersihan lahan tanaman merica dari hama dan penyakit lalu pembubunan dilakukan agar asupan nutrisi merica terpenuhi sehingga dapat tumbuh dan berbuah secara maksimal.

  • Pemangkasan tanaman merica

Proses pemangakasan dilakukan pada bagian tanaman yang terkena hama dan penyakit seperti batang, ranting serta dahan agar tidak menular kebagian tanaman merica lainnya.

  • Pupuk susulan

Proses pemupukan susulan pada tanaman merica yang berumur 7 hingga 10 HST secara rutin selama 10 hari.

5. Proses Panen Merica

Tanaman merica dapat dipanen setelah berumur kurang lebih 3 tahun, selain dengan melihat umur terdapat ciri tanaman merica yang siap dipanen yaitu tangkai berubah warna menguning, terdapat buah yang matang berwarna kuning kemerahan.

Cara menanam lada atau merica yang terakhir ini adalah tahap yang sangat dinanti-nanti oleh para petani karena mereka bisa menikmati hasil budidaya yang dilakukan selama ini, pemanenan dapat dilakukan dengan cara memetik buah merica pada bagian bawah hingga bagian atas, memotong persendian tangkai buah lada pada ketiak dahan.

Tanaman yang kaya akan manfaat dan sangat mudah dibudidayakan ini memiliki keunggulan yang tidak perlu diragukan lagi, selain dari kebutuhan merica di pasar yang selalu mengalami kenaikan serta perkembangan teknologi yang membuat merica dapat diolah menjadi beragam jenis masakan.

Sekian informasi dari kami mengenai cara menanam merica semoga bisa membantu anda semua, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Daun Bawang Step by Step

Artikel Panduan Cara Menanam Merica Lengkap untuk Pemula merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook