+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Takut Tanaman Merambat Merusak Dinding Anda? Berikut Ini 4 Jenis Tanaman Rambat Yang Tidak Merusak Dinding Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Takut Tanaman Merambat Merusak Dinding Anda? Berikut Ini 4 Jenis Tanaman Rambat Yang Tidak Merusak Dinding

Bagi setiap orang yang hobi berkebun pasti mengetahui jenis tanaman yang dapat mempercantik dinding atau pagar adalah jenis tanaman rambat. Ya, tanaman rambat! Tanaman merambat merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat menjadi pilihan untuk mempercantik hunian anda.

Banyak sekali pilihan spesies dan jenis tanaman merambat yang dapat anda budidayakan, baik tanaman merambat pada dinding dan pagar hingga tanaman rambat yang dapat mempercantik atap anda. Karena banyaknya pilihan ini, anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan untuk mempercantik rumah anda sesuai dengan yang anda inginkan, selain mempercantik rumah anda ada, ada beberapa fungsi lainya dari menanam tanaman hias.

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas, tanaman rambat merupakan tanaman yang tumbuh menjalarkan dirinya karena batang tanaman rambat berbeda dengan tanaman-tanaman pot. Sesuai dengan namanya, tanaman jenis ini memerlukan media / struktur lain (biasanya pohon) untuk mendapatkan posisi yang baik agar mendapatkan suplai cahaya matahari.

Tanaman merambat tumbuh banyak ditemukan di dasar hutan, sehingga sebagian besar tanaman jenis ini hanya mendapatkan sedikit cahaya matahari di habitat aslinya. Karena tanaman ini memiliki batang yang lemah, tanaman ini menumbuhkan beberapa organ seperti sulur, duri, atau akar menggantung agar dapat menumpang pada struktur lain yang lebih tinggi dan kuat.

Apa Benar Tanaman Merambat Dapat Merusak Dinding?

Bagi beberapa orang menganggap bahwa memelihara tanaman ini dapat merusak dinding atau pagar mereka. Mereka percaya tanaman merambat yang tumbuh di dinding dapat merusak dinding melalui kelembaban yang berlebihan. Walaupun kelihatan logis jika dinding yang ditutupi oleh dedaunan akan lebih lembab daripada dinding yang terkena sinar matahari langsung.

Tetapi kenyataanya tanaman jenis ini sebenarnya melindungi dinding dari kelembaban yang berlebihan. Dinding yang tertutupi oleh tanaman jenis ini sebenarnya memiliki tingkat kelembaban yang cenderung konstan dan aman. Biasanya sewaktu musim penghujan dinding-dinding yang tidak tertutupi oleh tanaman jenis ini terlihat mengelupas saat terkena panas karena sebagian air meresap pada dinding.

Berbeda dengan dinding yang dirambati oleh tumbuhan, dinding akan tetap terlindungi karena air hujan langsung diresap oleh tanaman. Berikut ini jenis-jenis tanaman rambat yang tidak merusak dinding anda.

1. Common Ivy

Common Ivy / English Ivy (Hedera helix) adalah tanaman merambat yang biasa tumbuh pada dinding-dinding rumah.

Tanaman ini selalu berwarna hijau dan tidak kehilangan warna daunya walaupun terjadi perubahan musim. Tanaman ini menjulurkan rantingnya pada dinding dan tidak merusak dinding.

Tanaman ini pada mulanya tumbuh di kepulauan Macronesia, akan tetapi menyebar ke Mediterania, Eropa, dan ke Asia. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias di kebun karena warnanya yang membuat taman terlihat asri dan menyegarkan.

Pada artikel sebelumnya kami telah memberikan informasi terkait bagaimana Cara Merawat Tanaman English Ivy. 

2. Mandevilla

Beberapa tanaman rambat ada yang memiliki bunga dan ada yang tidak. Mandevilla merupakan salah satu tanaman merambat yang mudah untuk berkembang biak di iklim Indonesia.

Jika anda menginginkan tanaman rambat yang memberikan keharuman di rumah anda, anda tentu harus menanam tanaman ini. Bunga dari taman ini berwarna putih, merah, dan pink. Jenis tanaman ini biasanya dapat tumbuh di dinding atau pagar rumah anda.

Tanaman ini cocok dengan iklim Indonesia karena tanaman ini berbunga sangat cepat jika terkena sinar matahari, oleh karena itu jika anda hendak menanam tanaman jenis ini letakan pada sisi rumah anda yang terkena sinar matahari terus menerus. Karena melindungi dinding dari cahaya matahari yang berlebih tanaman rambat ini tidak akan merusak dinding milik anda.

3. Air Mata Pengantin

Pada artikel sebelumnya telah kami ulas bagaimana Cara Menanam Bunga Air Mata Pengantin , tanaman ini masuk dalam klasifikasi tanaman merambat.

Selain bunga yang indah , tanaman ini melindungi dinding anda dari efek perubahan iklim.

Karena tanaman ini lebat, pada musim penghujan, dinding rumah anda tidak akan menyerap air karena terlindungi oleh dedaunan tanaman ini. Sehingga jika anda menanam tanaman ini, tanaman ini tidak akan merusak dinding milik anda. 

4. Morning Glory

Tanaman Bunga Morning Glory merupakan salah satu tanaman rambat berbunga yang tidak terlalu sulit untuk ditanam. Tetapi kadang beberapa orang lalai merawat tanaman ini sehingga menjadikan tanaman ini berkumpul menjadi tanaman semak.

Warna dari bunga tanaman ini sangat mencolok jika dibudidayakan di rumah anda. Pada artikel Cara Menanam Bunga Morning Glory anda akan mengetahui bagaimana cara menanam dan merawat tanaman ini agar rumah anda terlihat asri.

Selain melindungi dinding dari air hujan dan panas matahari, tanaman ini menjaga kelembaban dinding anda, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi karena tanaman ini merupakan tanaman rambat yang tidak merusak dinding anda. Dan juga, pada saat sinar pagi hari menyentuh bunga ini, bunga morning glory akan terlihat bermekaran dan mengeluarkan wangi yang sangat menyegarkan. Oleh karena itu bunga ini dinamakan morning glory karena membuat orang yang menanamnya merasakan “glory” pada pagi hari.

Dari penjelasan diatas, anda sekarang tahu bahwa tanaman merambat tidak merusak dinding anda dan mengetahui jenis-jenis tanaman rambat yang aman bagi dinding. Nah, setelah membaca penjelasan diatas apakah anda masih takut menanam tanaman rambat dapat merusak dinding anda?

Artikel Takut Tanaman Merambat Merusak Dinding Anda? Berikut Ini 4 Jenis Tanaman Rambat Yang Tidak Merusak Dinding merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook